SISTEM MANAJEMEN K3 (SMK3)

Pernah denger SMK3 ? ha? Sekolah Menengah Kejuruan 3 ? bukan – bukan πŸ˜€

SMK 3 ini Sistem Manajemen Kesehatan Keselamatan Kerja. jadi, fokusnya disini bagaimana memanajerial dunia kerja, gitu. Bisa dan baik untuk di aplikasiin di semua jenis bidang pekerjaan, karena bahaya dan risiko ada dimana – mana. #Right ?
Sistem Manajemen K3 di Indonesia mengikuti peraturan yang telah diatur di Permenaker No. 05/Men/1996. Β Sebelum lebih jauh, diliat dulu deh, apa itu Manajemen K3 πŸ™‚
  • Manajemen adalah proses kegiatan yang terdiri dari Perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), pelaksanaan (Actuating), dan pengukuran serta pengawasan (Evaluating dan Controling) dan tindak lanjut yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan menggunakan manusia dan sumber daya yang ada.
  • Manajemen K3 adalah merupakan manajemen yang diterapkan dalam rangka ilmu tentang K3, dari proses kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengukuran serta pengawasan.
Pada hakekatnya manajemen bersifat rasional, efektif, effisien dan produktif . Jadi, Manajemen K3 ini menghendaki tanpa adanya gangguan-gangguan yang terjadi antara lain kecelakaan kerja, peledakan, kebakaran, penyakit akibat kerja dan pencemaran lingkungan kerja. baik kaaan ? πŸ˜€
Siapa aja yang jadi target Manajemen K3 ?
Ruang lingkup dan Obyek Manajemen K3 adalah perusahaan yang berpotensi terjadinya kecelakaan kerja, peledakan, kebakaran, penyakit akibat kerja dan pencemaran lingkungan kerja bahkan telah diatur di dalam Permenaker No. 05/Permen/1996 Bab III pasal 3 bahwa :

β€œSetiap tempat kerja yang mempekerjakan tenaga kerja sebanyak seratus orang atau lebih dan atau mengandung potensi bahaya yang ditimbulkan oleh karakteristik proses atau bahan produksi yang dapat mengakibatkan kecelakaan kerja seperti peledakan, kebakaran, pencemaran, dan penyakit akibat kerja wajib menerapkan sistem manajemen K3.”

Jadi, Obyek manajemen K3 adalah seluruh perangkat yang ada dari TOP manajemen, manajer tengah dan para tenaga kerja secara keseluruhan termasuk perusahaan yang terlibat di dalamnya.
Manajemen K3 ini bukan hal yang bisa dianggap enteng loh, asli. So, kalau kamu punya industri atau perusahaan Manajemen K3 menjadi WAJIB kalau kamu punya tenaga kerja sebanyak 100 orang/ lebih ATAU apabila industri kamu ini mengandung potensi bahaya. Sudah dilihat perusahaan mu ? kira – kira WAJIB K3 atau tidak ?
kalau ngomongin soal butuh, ya pasti butuh kan. Tapi, kalau kamu termasuk di bagian yang WAJIB nah ayuk di jalankan K3 nya. Caranya gimana ? nantikan di post berikutnya πŸ˜‰

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s