Anemia

Me? Anemia ? ngga kok, ngga ngerasa tuh 😀 *ngeles*
judul ini sengaja diambil buat bahan tugas matakuliah bindo. soalnya rasanya pas aja gitu 😀 jujur, jadi takut kalo dibiarin anemia terus kasian anak :p


Penyebab Anemia pada Remaja Putri

Anemia adalah suatu penyakit ketika kadar Hemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari normal (Faisal,2010:11). Anemia dapat menyerang siapa saja, terutama remaja putri. Berdasarkan hasil Survei Kesehatan pada 10 Kabupaten daerah proyek Safe Motherhood Partnership Family Approach (SMPFA) pada tahun 1998/1999 menunjukkan 57,4% remaja putri menderita anemia (Depkes RI dalam Faisal,2010). Anemia menimbulkan dampak pada remaja putri yaitu menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah terkena penyakit,menurunnya prestasi belajar dan menghambat aktivitas. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diteliti faktor penyebab anemia pada remaja putri. Dengan mengetahui faktor penyebab anemia, penyakit ini dapat dihindari.

Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dan metode penelusuran data online. Studi kepustakaan dilakukan dengan mengumpulkan sumber bacaan yang sesuai masalah. Metode penelusuran data online dilakukan melalui internet sehingga peneliti dapat memanfaatkan informasi online yang berupa data maupun teori. Data yang ditelusuri adalah yang berhubungan dengan anemia.

Anemia adalah keadaan dimana kadar zat merah darah atau hemoglobin (Hb) lebih rendah dari nilai normal (Mary E. Beck, 2000:196). Anemia berarti kekurangan sel darah merah yang dapat disebabkan oleh hilangnya darah yang terlalu cepat atau karena terlalu lambatnya produksi sel darah merah (Guyton dan Hall, 1997:538). Tanda-tanda Anemia adalah lesu, lemah, letih, lelah dan lalai (5L), sering mengeluh pusing dan mata berkunang-kunang, gejala lebih lanjut adalah kelopak mata, bibir, lidah, kulit dan telapak tangan menjadi pucat(Faisal,2010:12).

Menurut Depkes RI pada tahun 1998 (Faisal,2010) dampak anemia pada remaja putri adalah menurunkan kemampuan dan konsentrasi belajar, mengganggu pertumbuhan sehingga tinggi badan tidak mencapai optimal, menurunkan kemampuan fisik, serta mengakibatkan muka pucat. Remaja putri yang menderita anemia kebugarannya juga akan menurun, sehingga menghambat prestasi olahraga dan produktivitasnya.

Berdasarkan literatur yang ada, penyebab utama anemia pada remaja putri adalah kurangnya asupan zat gizi melalui makanan sementara kebutuhan zat besinya relatif tinggi untuk pertumbuhan dan menstruasi. Kehilangan zat besi di atas rata-rata dapat terjadi pada remaja putri dengan pola haid yang lebih banyak dan waktunya lebih lama (Krummer dalam Isniati, 2010). Penyebab kurangnya asupan zat besi adalah pola konsumsi masyarakat Indonesia yang masih didominasi sayuran sebagai sumber zat besi, sedangkan protein hewani lain seperti daging dan ikan yang diketahui sebagai sumber zat besi yang baik jarang dikonsumsi. Remaja putri biasanya sangat memperhatikan bentuk badan, sehingga banyak yang membatasi konsumsi makan dan banyak pantangan terhadap makanan (Sediaoetama dalam Farida,2010: vii).
Anemia pada remaja putri tidak hanya menurunkan produktifitas tetapi juga meningkatkan risiko gangguan pada saat kehamilan. Menurut Yip tahun 1998 (Farida,2010) status gizi besi harus diperbaiki pada saat sebelum hamil yaitu sejak remaja sehingga keadaan anemia pada saat kehamilan dapat dikurangi. Karena anemia pada ibu hamil dapat mengakibatkan perdarahan waktu melahirkan sebesar 40% dan mengakibatkan kematian ibu (Depkes dalam Faisal,2010).

Untuk menghindari terjadinya anemia, remaja putri harus meningkatkan konsumsi makanan bergizi. Seperti makanan yang banyak mengandung zat besi dari bahan makanan serta sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C sangat bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam usus. Harus menambah pemasukan zat besi kedalam tubuh dengan minum Tablet Tambah Darah (TTD) (Faisal,2010:13). Selanjutnya, tidak lupa mengobati penyakit yang menyebabkan anemia seperti: kecacingan, malaria dan penyakit TBC.

Anemia merupakan salah satu masalah gizi di Indonesia yang harus ditanggulangi secara serius,. Penyebab anemia gizi besi ialah karena jumlah zat besi yang dikonsumsi tidak sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Faktor penyebab terjadinya anemia gizi besi, antara lain kebiasaan makan dan pola menstruasi. Akibat anemia gizi besi adalah produktivitas rendah, perkembangan mental dan kecerdasan terhambat, menurunnya kekebalan terhadap infeksi, morbiditas, dan lain-lain.

Oleh karena itu, saran yang dapat diajukan bagi pemerintah yaitu sudah harus diprioritaskan adanya program khusus penanggulangan anemia pada remaja putri. Seperti penyuluhan mengenai pengetahuan tentang anemia, sebab, akibat serta cara menanggulanginya. Bagi remaja putri, sebaiknya meningkatkan konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, meningkatkan konsumsi vitamin C dan mengurangi minum teh. Dan bagi para ibu, agar dapat mencegah anak perempuan mereka terkena penyakit anemia.

Referensi :
Faisal,Muhammad. 2010. “Pedoman Penanggulangan Anemia Gizi untuk Remaja Putri dan Wanita Usia Subur”. http://enslikopedi.blogspot.com/2010/02/pedoman-penanggulangan-anemia-gizi.html. Diakses Pada 21 Desember 2010. 12.34.34 WIB

Farida,Ida. 2010. “Determinan Kejadian Anemia Pada RemajaPutri Di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus” Tahun 2006. http://www.anneahira.com/anemia-remaja.htm. Diakses pada 25 Desember 2010. 13.00.12 WIB

Guyton dan Hall. 1997. Fisiologi Kedokteran. Jakarta : EGC

Isniati. 2010. “Efek Suplementasi Tablet Fe + Obat Cacing terhadap Kadar Hemoglobin Remaja Anemia di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Pasir Kec. IV Angkat candung 2008”. http://www.pdfchaser.com/Efek-Suplementasi-Tablet-Fe+-Obat-Cacing-terhadap-kadar-Hemoglobin-….html. Diakses Pada 25 Desember 2010. 22:33:02 WIB

Beck, Mary. E. 2000. Ilmu Gizi dan Diet Hubungan dengan penyakit-penyakit untuk Perawat dan Dokter. Yogyakarta : Yayasan Essentia Medica.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s